contoh text misa minggu paskah ke VI

 

 

 

Kepel “St. Petrus & Paulus”

        Kampung Jawa

     Jln. Gn. Merbabu No. 2,

                Samarinda

 

 

ANTIFON PEMBUKA

Beritakanlah kabar sukacita supaya didengar, siarkalah sampai ke ujung bumi: Tuhan sudah menebus umat-Nya, alleluya.

TUHAN KASIHANILAH

MADAH KEMULIAAN

DOA PEMBUKA

 

I     Marilah berdoa.

           Allah yang Maha Pengasih, pandanglah umat-Mu yang sedang berhimpun ini dan curahilah dengan Roh Kudus-Mu. Semoga, dengan pencurahan Roh Kudus itu, kami dapat melaksanakan hukum kasih yang diperintahkan oleh Yesus Kristus, Putra-Mu. Sebab, Dialah Tuhan, Pengantara kami, yang bersama dengan Diaku dalam persatuan Roh Kudus hidup dan berkuasa, Allah, sepanjang segala masa.

LITURGI SABDA

 

BACAAN PERTAMA                 Kis. 8:5-8.14-17

kedua rasul itu menumpangkan tangan diatas mereka, lalu menerimakan Roh Kudus

L    Pembacaan dari Kisah Para Rasul

Waktu terjadi penganiayaan terhadap jemaat di Yerusalem, Filipus pergi ke suatu kota di Samaria dan memberitakan Mesias kepada orang-orang di situ. Ketika orang banyak mendengar pemberitaan Filipus dan melihat tanda-tanda yang diadakannya, mereka semua menerima apa yang diberitakannya itu dengan sebulat hati. Sebab dari banyak orang yang kerasukan roh jahat, keluarlah roh-roh itu sambil berseru dengan keras suara keras, dan banyak juga orang lumpuh dan timpang disembuhkan. Maka, sangatlah besar sukacita dalam kota itu. Ketika rasul-rasul di Yerusalem mendengar bahwa tanah Samaria telah menerima Firman Allah. Mereka mengutus Petrus dan Yohanes ke sana. Setibanya di sana, kedua rasul itu berdoa supaya orang-orang Samaria itu beroleh Roh Kudus. Sebab, Roh Kudus belum turun atas seorang pun d iantara mereka karena mereka hanya dibaptis dalam nama Tuhan Yesus. Kemudia, Petrus dan Yohanes menumpangkan tangan atas orang-orang yang percaya itu, dan mereka meneirma Roh Kudus.

Demikianlah Sabda Tuhan.

 

MAZMUR TANGGAPAN

Ulangan : Pujilah Allah Alleluya, Alleluya.

 

Ayat :

1.   Bersoraklah bagi Allah hai, seluruh bumi; mazmurkanlah kemulian nama-Nya, muliakanlah Dia dengan puji-pujian! Katakanlah kepada Allah,”Betapa dahsyat perkerjaan-Mu.

  1. Seluruh bumi sujud menyembah kepada-Mu, dan bermazmur bagi-Mu, seluruh bumi memazmurkan nama-Mu. “ia dahsyat dalam perbuatan-Nya terhadap manusia.

3.   Ia mengubah laut menjadi kering, danorang berjalan kaki diatas sungai. Oleh sebab itu, kita bersuka cita karena Dia, yang memerintah dengan perkasa untuk selama-lamanya

4.   Marila, dengarlah, hai kamu sekalian yang takwa kepada Allah, aku hendak menceritakannya apa yang dilakukan-Nya terhadapku. Terpujilah Allah, yang tidak menolak doaku, dan tidak menjaukan kasih setia-Nya dari padaku

BACAAN KEDUA              1Ptr 3:15-18

Yesus telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi dibangkitkan menurut Roh

 

L    Pembacaan dari Surat Pertama Rasul Petrus

 

        Saudara-saudara terkasih, kuduskanlah Kristus dalam hatimu sebagai Tuhan! Bersiapsedialah setiap saat untuk memberi pertanggungjawaban kepada tiap-tiap orang yang meminta dari kamu tentang pengharapan yang ada padamu. Tetapi, semua itu haruslah kamu lakukan dengan lemah lembut dan hormat, dan dengan hati nurani yang murnisupaya karenahidupmu yang saleh dalam Kristus, mereka yang memfitnah kamu menjadi malu karena fitnah mereka itu. Sebab lebih baik mederita karena berbuat baik, jika hal itu dikehendaki oleh Allah, daripada menderita karena berbuat jahat. Sebab Kristus pun telah mati satu kali untuk segala dosa kita. Ia yang benar telah mati untuk orang-orang yang tidak benar supayaIa membawa kita kepada Allah; ia telah dibunuh dalam keadaan-Nya sebagai manusia, tetapi dibangkitkan menurut Roh.

Demikianlah Sabda Tuhan

Alleluya

S    Alleluya                 U Alleluya

S    Siapa yang mengasihi Aku akan hidup menuruti Sabda-K; Bapa-Ku akan mengasihi dia dan Kami akan datang kepadanya.

U Alleluya

BACAAN INJIL                   Yoh 14 15-21

Akulah jalan, kebenaran, dan hidup.

I     Inilah Injil Yesus Kristus menurut Yohanes :

      Pada perjamuan malam terakhir, Yesus berkata kepada para murid-murid-Nya, “Jikaulau engakau mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintahku. Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang penolong yang lain, yaitu Roh Kebenaran, supaya Ia menyertai kamu selam-lamanya. Dunia tidak tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan mengenal Dia. Tetapi, kamu mengenal Dia sebab Ia menyertai kamudan akan diam di dalam kamu. Aku tidak akan meninggalkan kamu sebagai yatim piatu. Aku akan datang kembali kepadmu. Tinggal sesaat lagi dan dunia tidak melihat Aku lagi. Tetapi, kamu melihat Aku sebab Aku hidup dan kamu pun akan hidup. Pada waktu itulah kamu akan tahu bahwa Aku ada di dalam Bapa-Ku bahwa kamu ada di dalam Aku, dan Aku ada di dalam kamu. Barang siapa memegang printah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan, barang siapa yang mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku, dan Aku pun mengasihi dia, dan akan menyatakan diri-ku kepadanya.”

Demikianlah Injil Tuhan  

HOMILI

SYAHADAT

DOA UMAT

I     Kristus menjanjikan kepada kita kedatangan Roh Penghibur, yakni Roh Kudus. Dialah yang akan mengajarkan segala sesuatu kepada kita dan akan mengingatkan semua yang telah di katakan-Nya kepada kita. Dengan tuntunan Roh Kudus, marilah kita memanjatkan doa kepada Bapa di Surga.

 

L    Bagi Gereja Kristus

      Ya Bapa, dampingilah Gereja-Mu dalam menantikan dan menerima janji Kristus akan Roh Kudus sehingga semakin teguhlah iman, kasih dan pengaharapan kami dalam mewartakan karya kasih-Mu bagi dunia.

      Marilah kita mohon…

U   Utuslah Roh Kudus-Mu memperbaharui kami, umat-Mu, ya Tuhan.

L    Bagi persoalan-persoalan besar di dunia dewasa ini.

      Ya Bapa, utuslah Roh Kudus-Mu menerangi setiap langkah hidup kami selalu menghormati setiap martabat pribadi manusia dan siap sediamembukakan kesempatan-kesempatan hidup bagi semua orang.

      Marilah kita mohon…

U   Utuslah Roh Kudus-Mu memperbaharui kami, umat-Mu, ya Tuhan.

L    Bagi semua yang menderita.

      Ya Bapa, teguhkanlah pengharapan orang-orang yang sedang mengalami penderitaan. Semoga kasih-Mu melalui kebaikan hati banyak orang yang mengasihi mereka secara tulus

      Marilah kita mohon…

U   Utuslah Roh Kudus-Mu memperbaharui kami, umat-Mu, ya Tuhan.

L    Bagi kita sendiri.

      Ya Bapa, semoga berkat pelayanan Ekaristi ini, kami semakin rukun bersatu dengan kata dan karya penyelamatan

      Marilah kita mohon…

U   Utuslah Roh Kudus-Mu memperbaharui kami, umat-Mu, ya Tuhan.

I     Allah Bapa kami, sebelum sengsara-Nya Putra-Mu telah mendoakan para murid agar mereka bersatu seperti Engkau dan Dia satu adanya. Berilah kami kesatuan Roh Kudus-Mu untuk berkerja sama membangun kesatuan atas dasar cinta kasih, di dalam Dikau, Putra-Mu dan Roh Kudus sepanjang segala masa

U   Amin

           

            LITURGI EKARISTI

DOA PERSIAPAN PERSEMBAHAN

I     Ya Allah, berkenanlah menerima roti dan anggur persembahan kami ini. Kami mohon, teguhkanlah kami dalam cinta kasih-Mu dan penuhilah kami dengan Roh Kudus-Mu. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami

U   Amin

PREFASI PASKAH V

ANTIFON KOMUNI         Yoh 14: 15,16

I     jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuriti perintah-Ku, Sabda Tuhan. Aku akan minta kepada Bapa, dan ia akan memberikan kepadamu seorang penolong yang lain supaya ia menyertai kamu selama-lamanya, alleluya

 

 

DOA SESUDAH KOMUNI

 

I   Marilah kita Berdoa:

     Allah Yang Maha Kuasa dan kekal, dengan kebangkitan Kristus Engkau memulihkan kami untuk hidup abadi. Lipatkanlah buah-buah sakramen Paskah dalam diri kami dan kuatkanlah hati kami dengan santapan keselamatan ini. Dengan pengantaraan Kristus, Tuhan kami, yang hidup dan berkuasa sepanjang segala masa.

U   Amin

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s